Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahira Idris Minta KPU Jadikan Pancasila Tema Khusus Debat Capres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 01 Juni 2023, 02:55 WIB
Fahira Idris Minta KPU Jadikan Pancasila Tema Khusus Debat Capres
Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris/Net
rmol news logo Momen Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni idealnya menjadi bahan refleksi segenap komponen bangsa untuk menilai sudah sejauh mana Pancasila dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan cabang-cabang kekuasaan negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan, salah satu cara rakyat memilih presiden dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang adalah melihat sejauh mana pemahaman kandidat calon presiden (capres) tentang falsafah Pancasila baik secara historis, filosofis, sosiologis, dan yuridis.

Kata Fahira, kandidat yang mampu mengurai secara komprehensif dan menempatkan Pancasila sebagai kerangka berpikir bangsa dan negara layak dipilih untuk menjadi nakhoda Indonesia ke depan.

“Akan menjadi nilai tambah, bagi rakyat, jika ada capres yang sudah mempunyai rekam jejak menegakkan sendi pokok Pancasila yaitu menghadirkan keadilan,"jelas Fahira, Rabu (31/5).

Menurut Fahira, KPU penting menjadikan Pancasila sebagai tema khusus saat Debat Pilpres 2024 nanti. Tujuannya,  sebagai wahana pencerahan publik sebelum memilih pemimpinnya.

Menurut Senator Jakarta ini, keadilan dalam Pancasila yang mesti diupayakan Presiden mendatang adalah memastikan setiap individu  mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan hak dan kewajibannya tanpa rintangan.

"Memberikan jaminan rasa keadilan sosial dengan terpenuhinya hak-hak dasar rakyat untuk meningkatkan kualitas diri dan kehidupannya," jelas Fahira.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA