Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tren Golput Cenderung Meningkat, Legislator Golkar Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 01 Juni 2023, 09:51 WIB
Tren Golput Cenderung Meningkat, Legislator Golkar Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno/Ist
rmol news logo Tren golongan putih (golput) alias orang yang tidak memberikan suara saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) terus meningkat. Penyebabnya bisa karena kecewa, apatis, atau tidak tertarik dengan proses demokrasi lima tahunan.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno Laksono, saat menghadiri kegiatan "Gerakan Cerdas Memilih" yang diinisiasi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Rabu (31/5).

Politikus Partai Golkar tersebut pun mendorong agar semakin banyak lembaga yang masif menyosialisasikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu.

"Kegiatan ini penting untuk membantu menyosialisasikan. Bukan mendukung salah satu calon, tapi mengingatkan bahwa pemilu adalah proses demokrasi," ujar Dave, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Lebih lanjut Dave menuturkan, pemilu merupakan sebuah proses demokrasi dan menjadi tanggung jawab dari warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Sehingga, ia berharap masyarakat mengikuti dan menyukseskan pemilu.

"Mari kita contoh semangat RRI dalam mensosialisasikan Pemilu agar pada 2024 partisipasi masyarakat akan tinggi dalam menyalurkan hak pilihnya," tuturnya.

Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih digelar serentak di seluruh Indonesia dengan tema "Pemilih Cerdas Untuk Indonesia Hebat". Acara dikemas dengan format variety show, kolaborasi hiburan yang diselingi obrolan santai terkait pemilu.

"Kegiatan ini serentak digelar di 70 stasiun Radio Republik Indonesia di seluruh Indonesia, dan mengusung tema yang sama dengan melibatkan narasumber yang juga sama, seperti KPU, Bawaslu, tokoh budaya dan tentunya dikemas dalam format variety show," kata Kepala LPP RRI Kabupaten Cirebon, Besty Charmin Simatupang.

Ditambahkan Besty, RRI menggelar kegiatan tersebut karena sesuai dengan visi dan misi, yakni edukasi, informasi dan hiburan. Diharapkan, masyarakat muda, kaum milenial, generasi Z bisa menggunakan hak pilihnya pada 2024 nanti.

"Kegiatan ini tujuannya adalah menggerakkan kaum muda, pelajar Indonesia untuk bersama-sama menggunakan hak pilihnya agar tidak melakukan golput (golongan putih)," tutup Besty. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA