Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bacaleg Ganda yang Tak Perbaiki Data Akan Dinyatakan TMS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 01 Juni 2023, 12:31 WIB
Bacaleg Ganda yang Tak Perbaiki Data Akan Dinyatakan TMS
Ilustrasi/RMOLNetwork
rmol news logo Bawaslu Lampung menemukan sejumlah bacaleg ganda dalam proses verifikasi berkas. Tercatat ada 10 temuan bacaleg ganda, baik ganda parpol dan ganda dapil di satu partai yang sama.

Anggota Bawaslu Lampung, Suheri mengatakan, bacaleg yang terdaftar ganda diberikan waktu untuk melakukan perbaikan dengan memilih salah satu partai politik. Namun jika tidak diperbaiki maka akan dinyatakan TMS.

“Ada beberapa, tadi itu PPP, PKS, PDIP, PKB. Temuan itu tersebar di kabupaten kota maupun provinsi,” kata Suheri, dikutip Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (31/5).

Ditambahkan Suheri, partai yang ditinggalkan oleh bacaleg dapat mengganti dengan calon baru untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Jika bacalegnya keukeuh di dua partai maka pasti dinyatakan TMS. Sehingga harus memutuskan ke salah satu partai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami mengatakan, vermin tahap pertama fokus kegandaan bacaleg parpol. Nantinya akan dilakukan klarifikasi terhadap partai yang diusung.

“Partai yang tidak dipilih bisa mengajukan pengganti. Perbaikan tetap dilakukan hingga akhir pencermatan pada 3 Oktober mendatang,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA