Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Lahir Pancasila, Puan: Kita Punya Tugas Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 01 Juni 2023, 15:27 WIB
Hari Lahir Pancasila, Puan: Kita Punya Tugas Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (1/6)/Ist
rmol news logo Ketua DPR RI Puan Maharani didaulat membacakan naskah pembukaan Undang Undang Dasar 1945, dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Puan membacakan Pembukaan UUD 1945 di hapadan Presiden Joko Widodo dalam upacara yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Selain Puan, hadir para pejabat Negara lainnya. Upacara juga dihadiri oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres RI ke-9 Hamzah Haz, dan Wapres RI ke-11 Boediono.

Mengenakan kebaya, Puan pada kesempatan itu juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban demi tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, lahirnya Pancasila sebagai dasar negara berawal dari gagasan Proklamator RI, Soekarno, yang kemudian disampaikan dalam pidato di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

“Para pendiri bangsa telah merumuskan dasar negara Indonesia dengan berbagai perjuangan serta tantangan. Sebagai generasi penerus, kita harus dapat memaknai Pancasila sebagai landasan berperilaku dalam hidup bermasyarakat,” kata Puan.

Mantan Menko PMK itu juga mengajak masyarakat untuk terus melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa, khususnya bagi generasi muda yang merupakan generasi masa depan Indonesia.

Puan menegaskan Pancasila harus selalu dijadikan pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Bahwa kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai Pancasila serta Undang Undang Dasar 1945,” demikian Puan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA