Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani Minta Generasi Muda Belajar Sikap Gotong Royong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 01 Juni 2023, 15:53 WIB
Puan Maharani Minta Generasi Muda Belajar Sikap Gotong Royong
Ketua DPR RI Puan Maharani saat upacara hari lahir Pancasila di Silang Monas/Ist
rmol news logo Pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda sangat penting. Pasalnya, Indonesia ke depan akan dipimpin oleh tokoh muda. dan para generasi muda ini perlu memiliki pedoman berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Aktualisasi Pancasila bertujuan untuk menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai luhur Pancasila dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman. Selain itu penerapan nilai-nilai Pancasila penting dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari individu, keluarga, masyarakat, hingga bangsa secara keseluruhan,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rangka merayakan hari lahir Pancasila, Kamis (1/6).

Puan mengingatkan masyarakat ihwal pidato Bung Karno tanggal 1 Juni 1945, yang di dalamnya dijelaskan intisari dari Pancasila yakni sikap gotong royong. Menurutnya, sikap gotong royong itu yang membakar semangat rakyat agar bersatu membangun negeri ini.

"Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho lopis kuntul baris buat kepentingan bersama. Dari semua untuk semua," ujar Puan mengutip perkataan Bung Karno.

Mantan Menko PMK itu menekankan, generasi muda perlu diingatkan tentang pembelajaran sikap gotong royong. Puan menilai, generasi muda harus selalu diingatkan bahwa semua rakyat Indonesia memiliki peran dan kontribusi penting dalam masyarakat.

"Pembelajaran sikap gotong royong menjadi penting karena memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memahami arti penting dari kerja sama dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Dengan pondasi berazaskan gotong royong, kata Puan, generasi muda dinilai akan mudah mengentaskan sikap anti-perbedaan dan keberagaman yang tengah menjadi ancaman generasi penerus bangsa. Puan mengatakan, generasi muda harus dapat memahami Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa di tengah majemuknya bangsa Indonesia.

"Untuk mengikat perbedaan dalam satu kesatuan bangsa dibutuhkan nilai bersama, yang dirangkum dalam Pancasila. Pancasila adalah kesepakatan final dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”demikian Puan Maharani. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA