Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berani Deklarasi Cawe-cawe, Tamil Selvan: Jokowi Sedang Paranoid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 01 Juni 2023, 22:24 WIB
Berani Deklarasi Cawe-cawe, Tamil Selvan: Jokowi Sedang Paranoid
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo dianggap tengah paranoid atau ketakutan skandalnya terbuka, jika jagoannya kalah pada kontestasi Pilpres 2024. Sehingga secara tegas menyatakan ikut cawe-cawe.

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan, mengatakan, sikap paranoid yang ditunjukkan Jokowi saat ini bisa dimaknai bahwa ada ketakutan terselubung di dalamnya.

"Secara politik ketakutan itu sangat mudah kita tebak. Karena apa, satu, ketakutan pengaruh politik hilang, dan kedua, tentu ketakutan akan adanya kesalahan-kesalahan atau potensi-potensi kesalahan yang mungkin terbuka di kemudian hari," urai Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (1/6).

Dia juga menilai Jokowi lupa, bahwa sebelumnya pernah menyatakan tidak akan cawe-cawe pada Pilpres 2024.

"Kalau hari ini terang-terangan mengatakan akan cawe-cawe, tentu Pilpres 2024 bukan kontestasi netral. Seorang presiden, jabatan eksekutif tertinggi di bangsa ini, dengan lantangnya mendeklarasikan diri akan cawe-cawe, maka Pemilu yang diselenggarakan KPU dan jajarannya, tidak bisa kita jamin netralitasnya," jelas Tamil.

Dosen Universitas Dian Nusantara itu juga mencurigai bahwa pada Pilpres 2019 lalu sebenarnya Jokowi juga menggunakan kekuasaannya untuk memenangkan periode keduanya.

"Saya melihat, slogan atau istilah yang saya gunakan itu, Jokowi sedang paranoid politik. Paranoid itu menggambarkan ketakutan. Semakin paranoidnya dikedepankan, artinya ada ketakutan akan skandal-skandal tertentu yang mungkin ditutup-tutupi atau yang mungkin ditakutkan untuk terbuka," pungkas Tamil.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA