Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan AHY, Anies Baswedan Masih Pertimbangkan Cawapres dari Kalangan NU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 02 Juni 2023, 20:43 WIB
Bukan AHY, Anies Baswedan Masih Pertimbangkan Cawapres dari Kalangan NU
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono/Ist
rmol news logo Bukan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan diyakini masih mempertimbangkan tokoh-tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) untuk pendamping di Pilpres 2024.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, mengatakan, Anies belum tentu disandingkan dengan AHY. Pasalnya harus berpikir efek elektoral.

"Simalakama bagi Anies, di satu sisi ia butuh Demokrat untuk memenuhi PT 20 persen, untuk mendapat tiket Capres," kata Saiful Anam, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/6).

"Di sisi lain, ada kekhawatiran jika dipaksakan bersanding dengan AHY. Kita tau AHY masih minim pengalaman dan signifikansi elektoralnya masih kalah dari kalangan yang berafiliasi dengan massa NU," bebernya.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta itu melihat, Anies masih melirik tokoh dari kalangan NU. Sangat sulit bagi Anies menentukan AHY sebagai pasangan kandidat Cawapresnya.

"Anies sedang berhitung, apakah AHY akan mampu memberikan efek elektoral bagi dirinya. Dia justru lebih mempertimbangkan kalangan NU," katanya.

Saiful menilai, saat ini Anies tengah menghadapi beban berat di internal koalisi, termasuk harus mengahalau upaya penjegalan dirinya dari eksternal.

"Bisa jadi, kalau dipaksakan justru akan menderita kekalahan, jika tak sesuai kata hatinya dalam menentukan pendamping," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA