Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinilai Bertangan Dingin, Erick Thohir Cawapres Terkuat Versi Indikator

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 04 Juni 2023, 18:43 WIB
Dinilai Bertangan Dingin, Erick Thohir Cawapres Terkuat Versi Indikator
Menteri BUMN Erick Thohir/Net
rmol news logo Atas kinerjanya dalam memimpin PSSI, Erick Thohir jadi tokoh paling diperhitungkan dalam bursa calon wakil presiden. Data itu sebagai temuan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, dalam simulasi 22 nama, Menteri BUMN itu di posisi teratas, mengalahkan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, juga Mahfud MD.

Burhanuddin menjelaskan, dari hasil simulasi 18 nama, dukungan untuk Erick Thohir mencapai 15,5 persen, mengungguli Ridwan Kamil dengan 15,4 persen.

“Erick Thohir, termasuk Ridwan Kamil, dianggap paling pantas sebagai calon wakil presiden,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Saling Salip Elektabilitas Bakal Capres dan Cawapres Jelang 2024’ secara virtual, Minggu (4/6).

Burhanuddin menyatakan, nama Ketua Umum PSSI itu menjadi salah satu tokoh yang paling diperhitungkan dalam mengisi posisi calon wakil presiden.

Menurut Burhanuddin, menguatnya dukungan tersebut dipengaruhi oleh keberhasilan Erick mengubah wajah BUMN menjadi lebih sehat. Selain iti, keputusan Erick melakukan bersih-bersih BUMN berhasil menyehatkan perusahaan pelat merah juga dijadikan perhatian masyarakat.

Bukan hanya kinerjanya di BUMN, Burhanuddin menjelaskan, evaluasi kinerjanya sebagai Ketua Umum PSSI juga berhasil meraup banyak dukungan.

Kata Burhanuddin,‘Tangan dingin’ Erick yang berhasil membawa perubahan di internal federasi, termasuk membawa keberhasilan di tim nasional.

Masyarakat juga melihat Erick Thohir telah mengemban banyak amanah. Contohnya, kesuksesan menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) 2018, Ketua Tim Pemenangan Presiden Jokowi, Menteri BUMN, ketua panitia pernikahan keluarga Jokowi. Yang paling menonjol, timnas Indonesia meraih medali emas setelah puasa 32 tahun.

Survei Indikator turut memotret evaluasi publik atas kinerja Erick Thohir di PSSI. Hasilnya, dari 32,2 persen yang mengetahui posisi Erick Thohir sebagai Ketum PSSI, sebanyak 77 persen menyatakan puas dengan kinerjanya.

“Dari mereka yang tahu, mayoritas merasa puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI,” ungkap Burhanuddin.

Bahkan, diungkapkan Burhanuddin, sebanyak 77,2 persen setuju bahwa Erick Thohir berperan di balik keberhasilan timnas menjuarai SEA Games 2023.

Survei Indikator dilakukan dalam rentang 26-30 Mei 2023, menempatkan 1.230 responden melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA