Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Merapat Ke PDIP Jika Cawapres Ganjar Erick Thohir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 04 Juni 2023, 21:53 WIB
PAN Merapat Ke PDIP Jika Cawapres Ganjar Erick Thohir
Pertemuan elit PAN dan PDIP/Net
rmol news logo Kunjungan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ke PDIP tampaknya sebagai penjajagan untuk membentuk koalisi pemilihan presiden (Pilpres).

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga mengamati, peluang koalisi akan terwujud bila PDIP mengakomodir keinginan PAN. Salah satunya PAN menginginkan Erick Thohir sebagai cawapresnya Ganjar Pranowo.

Kata Jamiluddin, Erick Thohir didorong PAN karena sosok menteri BUMN itu merupakan keinginan Presiden Joko Widodo.

"Sebagaimana yang sudah tersebar luas, Jokowi dirumorkan sudah merekomendasikan Erick Thohir dan Sandiaga Uno kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mendampingi Ganjar," demikian pendapat Jamiluddin, Minggu (4/6).

Jamiluddin pendekatan PAN terhadap PDIP itulebih dikarenakan PAN ingin mewujudkan keinginan Jokowi. Sebab, hal yang sama juga sudah lebih dahulu dilakukan PPP dengan merapat ke PDIP.

"Jadi, ke mana PAN, termasuk PPP, akan merapat, tampaknya sangat bergantung arahan Jokowi. Dua partai ini tanpaknya akan tegak lurus mengikuti kehendak Jokowi," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA