Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Integritas, MK Perlu Perhatikan Aspirasi Rakyat soal Sistem Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 05 Juni 2023, 18:45 WIB
Jaga Integritas, MK Perlu Perhatikan Aspirasi Rakyat soal Sistem Pemilu
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali/RMOL
rmol news logo Mahkamah Konstitusi (MK) diminta memperhatikan aspirasi rakyat dalam memutuskan gugatan sistem pemilu. Hal tersebut agar masyarakat tidak menuduh MK bermain-main di dalam ranah politik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Karena akhir-akhir ini lembaga survei menyampaikan, kepercayaan publik terhadap MK terus menurun,” kata Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Ali, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/6).

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem itu berharap, MK menjaga integritas. MK harus berani mengatakan kepada partai yang menghendaki proporsional tertutup bahwa keputusan menentukan sistem pemilu adalah kewenangan pembuat UU.

"Jadi, batasan-batasan kewenangan itu harus menjadi penjaga moral MK,” tegas Ali.

Legislator Nasdem dapil Sulawesi Tengah itu juga menyebutkan, seharusnya polemik sistem pemilu tidak perlu dibahas lagi. Mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dan tensi sudah mulai meningkat.

“Jadi MK harus memperhatikan betul aspirasi, rasa keadilan masyarakat. Ini tidak betul-betul bicara secara hukum, tapi rasa keadilan terhadap masyarakat,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA