Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Pengamanan Pemilu 2024, Legislator PKB Dukung Tambahan Anggaran Polri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 06 Juni 2023, 01:41 WIB
Perkuat Pengamanan Pemilu 2024, Legislator PKB Dukung Tambahan Anggaran Polri
Anggota Komisi III DPR RI, Heru Widodo/Ist
rmol news logo Usulan penambahan anggaran Polri untuk penguatan pengamanan jelang Pemilu 2024 mendapat dukungan dari anggota Komisi III DPR RI, Heru Widodo.

Hal ini disampaikan Heru dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri yang diwakili oleh Wakapolri Gatot Eddy beserta jajaran Polri.

Raker ini dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan RKP K/L Tahun 2024 yang digelar di Ruang Rapat Komisi III, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/6).

"Saya kira dengan melihat kebutuhan Polri hari ini terutama menjelang 2024, saya yakin tidak ada kata keraguan sedikitpun dalam hal mendukung anggaran ini, baik dari sisi pagu indikatif sampai nanti bahkan definitif,” ujarnya.

Politikus PKB ini melanjutkan, berkaca dari Pilpres 2014 dan 2019, kedua Pemilu tersebut telah meninggalkan bekas traumatik yang begitu luar biasa. Di mana pada saat itu masyarakat Indonesia sempat terbelah karena perbedaan pandangan dan pilihan politik.

“Nah saya kira 2024 kami tidak ingin terjadi lagi. Maka ini perlu disiapkan sumber daya yang lebih baik dalam hal pengamanan dari Polri. Karena Polri ini memiliki peran yang sangat sentral atas keberlangsungan demokrasi kita,” tandas Heru.

Adapun Polri mengusulkan pagu anggaran untuk tahun 2024 sebesar Rp 148 triliun kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Usulan anggaran tersebut mengalami kenaikan Rp 37 triliun dari pagu alokasi anggaran 2023 sebesar Rp 111 triliun.

Salah satu tambahan anggaran ini untuk biaya prioritas meningkatkan operasi kepolisian dan pelayanan kamtibmas terkait pemenuhan pengamanan Pemilu 2024 dalam negeri dan luar negeri, perlengkapan pengamanan pemilu, dan lainnya sebesar Rp 9,7 triliun. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA