Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ali Rifan: Tiga Kandidat Capres Potensial, Belum Mumpuni di Kalangan NU dan Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 06 Juni 2023, 15:21 WIB
Ali Rifan: Tiga Kandidat Capres Potensial, Belum Mumpuni di Kalangan NU dan Jatim
Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, saat membuka acara Rilis Survei bertajuk “Preferensi Suara NU dan Peta Elektoral Pilpres 2024 di Provinsi Jawa Timur”, di Sofyan Hotel, Cikini, Jakarta Pusat/RMOL
rmol news logo Peluang tiga kandidat calon presiden (capres) yang mengemuka di publik masih kemungkinan berubah, karena lumbung suara terbanyak kedua tidak dikuasai mereka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, saat membuka acara Rilis Survei bertajuk “Preferensi Suara NU dan Peta Elektoral Pilpres 2024 di Provinsi Jawa Timur”, di Sofyan Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Dia menjelaskan, secara demografi dan kuantitatif Jatim adalah lumbung suara terbanyak kedua setelah Jawa Barat.

“Oleh karena itu strategis, karena bisa mendapat 1/3 pemenangan,” ujar Ali.

Namun, dosen politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu mendapati, potensi suara wilayah Jatim yang diikuti dominasi kelompok Nahdlatul Ulama (NU), belum dikuasai 3 kandidat capres mengemuka.

Ketiga kandidat capres yang dia maksud, di antaranya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan politisi PDIP Ganjar Pranowo.

“Dari 3 capres itu, tidak ada yang unggul dominan di Jatim,” kata Ali Rifan mengutip hasil survei Arus Survei Indonesia sebelumnya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan potensi lumbung suara terbanyak yang dimiliki ketiga kandidat capres itu.

Tapi, dalam pemaparannya Ali tidak menemukan potensi lumbung suara ketiga kandidat capres itu berada di wilayah Jatim dan kalangan NU.

“Prabowo paling banyak di Jabar, Ganjar di Jateng, Anies di Jabar dan DKI (Jakarta) malah. Dan temuan kita, antara Prabowo dan Ganjar sama. Itulah yang membuat Jatim adalah kunci,” demikian Ali menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA