Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kinerja MK Disorot, Komisi III Pertimbangkan Pembentukan Lembaga Pengawas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 06 Juni 2023, 19:34 WIB
Kinerja MK Disorot, Komisi III Pertimbangkan Pembentukan Lembaga Pengawas
Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari/RMOL
rmol news logo Perlu dipikirkan cara dalam mengawasi kinerja Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga para hakim konstitusi ini bisa bekerja dengan baik.

Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari menyatakan pembentukan lembaga pengawas MK harus disusun secara komprehensif. Ia tidak ingin, pembentukan lembaga pengawas justru mengganggu independensi MK.

“Tanpa mengganggu kemandirian dan kemerdekaan peradilan, harus dirumuskan yang tepat seperti apa,” ujarnya, Selasa (6/6).

Legislator Nasdem ini menjelaskan bahwa lembaga pengawasan MK ini mulai didiskusikan di Komisi III, namun masih bersifat informal.

“Informal sudah ada diskusi, tetapi secara formal kita belum. Tinggal kita lihat nanti dalam berjalannya masa sidang ini, mungkin akan ada diskusi menyatakan bagaimana pengawasan itu bisa berjalan,” jelas Taufik.

Belakangan Kinerja hakim Mahkamah Konstitusi menjadi sorotan. Terlebih saat ini MK sedang menjalani sidang uji Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Sorotan publik itu berkaitan dengan sistem proporsional tertutup atau terbuka. Bahkan, delapan partai di Parlemen menyatakan menolak sistem tertutup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA