Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Teknologi Ramah Lingkungan, Gubernur Sulbar Apresiasi Tambak Udang Randomayang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 06 Juni 2023, 21:30 WIB
Pakai Teknologi Ramah Lingkungan, Gubernur Sulbar Apresiasi Tambak Udang Randomayang
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh sat berkunjung ke lokasi tambak udang Randomayang/Ist
rmol news logo Pengembangan dan investasi yang dilakukan oleh PT Randomayang Tambak Lestari di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalomutu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, diapresiasi.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh sat berkunjung ke lokasi tambak udang Randomayang, Senin (5/6).

Gubernur Zudan Arif menyatakan pabrik udang ini banyak menyerap tenaga kerja dan memiliki teknologi canggih sehingga aman bagi lingkungan.

"Tambak udang yang menggunakan sains berkelanjutan. Air dari laut kemudian diolah kemudian dimanfaatkan dan instalasi pengolah limbahnya pun luar biasa. Sehingga air yang sudah tidak dipakai dibuang kembali ke sungai dalam keadaan bersih," ujar Zudan.

Zudan dalam kunjungan itu, didampingi PT Tambak Udang Lestari Rudy Hartanto Wibowo. Dia menyatakan tambak udang tersebut juga memberi nilai tambah dan nilai manfaat yang luar biasa untuk Sulawesi Barat karena mempekerjakan tenaga kerja lokal dan hasilnya diekspor ke Eropa, China, Jepang, dan Amerika.

"Ini tentu menggembirakan bagi saya sebagai Pejabat Gubernur karena akan memberi nilai tambah yang besar bagi pendapatan daerah dan memutar ekonomi regional di Sulbar," tambah dia.

Dia berharap akan tumbuh tambak udang model ini karena memiliki 3 keunggian yakni berkelanjutan, menjaga kelestarian lingkungan dan melibatkan masyarakat sebagai tenaga kerja.

"Bila ini banyak dilakukan di Indonesia InshaAllah ekonomi akan lebih bagus dengan sektor tambak udang," tambah Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri ini.

Industri udang yang di kelola PT Randomayang Tambak Lestari mulai beroperasi tahun 2020. Perusahaan ini mulai produksi dengan memanfaatkan lahan di pinggir pantai yang sebelumnya kurang produktif.

Bediri diatas luas lahan 60 hektar, Randomayang Tambak Lestari menyulap lahan dengan penerapan inovasi  tehnologi budidaya udang vannamei. Budidaya udang tersebut telah melibatkan ratusan tenaga kerja yang dari berbagi daerah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA