Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lokananta Direvitalisasi, Menteri BUMN: Saksi Sejarah yang Harus Dijaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 07 Juni 2023, 11:39 WIB
Lokananta Direvitalisasi, Menteri BUMN: Saksi Sejarah yang Harus Dijaga
Menteri BUMN, Erick Thohir di Lokananta, Solo, Jawa Tengah/Net
rmol news logo Revitaliasi studio rekaman pertama di Indonesia, Lokananta telah selesai.

Studio rekaman legendaris yang berada di Solo, Jawa Tengah ini sebelumnya direvitalisasi Menteri BUMN, Erick Thohir pada 8 Agustus 2022.

Erick merasa prihatin dengan kondisi studio yang menjadi saksi sejarah perkembangan musik Tanah Air.

"Lokananta cikal bakal musik Indonesia ketika presiden pertama kita, Pak Soekarno mendorong agar musik Indonesia naik dan mengurangi dominasi musik barat," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/6).

Lokananta awalnya merupakan pabrik piringan hitam milik pemerintah bernama "Indra Vox" atau Indonesia Raya Vox yang digagas Direktur RRI saat itu, Raden Maladi.

Namun nama tersebut ditolak Bung Karno lantaran dinggap kebarat-baratan. Indra Vox kemudian berubah menjadi Lokananta.

Lokananta juga memproduksi ulang pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan untuk disebar ke stasiun RRI di daerah.

Selain itu, Lokananta juga memiliki ribuan koleksi, termasuk master rekaman lagu kebangsaan Indonesia Raya yang pertama kali dinyanyikan. Ada juga master lagu dari berbagai penyanyi legendaris Indonesia seperti Gesang, Waldjinah, dan Titiek Puspa.

Lokananta juga memproduksi seri 4 album kompilasi lagu-lagu daerah termasuk Rasa Sayange dan lagu daerah lainnya untuk dibagikan kepada kontingen Asian Games pada 15 Agustus 1962. Kompilasi lagu itu diberi judul "Asian Games: Souvenir from Indonesia."

Erick yang pernah menjadi Ketua Panitia Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang ini pun merasa tergerak dengan persinggungan sejarah Lokananta itu.

"Saya agak bergetar sedikit, rupanya ada koneksi di sini (Lokananta) tahun 1962 rekaman lagu Asian Games, kan begini-begini bekas Ketua Asian Games," kata Erick.

Pada November 2022, revitaliasi Lokananta sebagai aset BUMN dimulai melalui PT Danareksa (Persero) dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dengan dukungan dari Pemerintah Kota Solo.

Erick berharap Lokananta sebagai aset bersejarah dapat terus dijaga, dimanfaatkan dan dikembangkan.

"Saya rasa ini sesuatu yang bersejarah dan harus kita jaga karena tidak mungkin bangsa besar kita mau maju tetapi tidak punya fundamental budaya," demikian Erick Thohir. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA