Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trotoar Depan Kedubes AS Bakal Kembali Dibuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 07 Juni 2023, 20:33 WIB
Trotoar Depan Kedubes AS Bakal Kembali Dibuka
Blokade trotoar depan Kedutaan Besar AS di Jakarta/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bergerak cepat menindaklanjuti keluhan masyarakat atas penutupan akses pejalan kaki di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membahas blokade trotoar Kedubes AS yang persis di samping Istana Wakil Presiden RI dan Balai Kota DKI Jakarta.

"Baik dari Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar AS dan juga Pamobvit (Direktorat Pengamanan Objek Vital) Polda Metro Jaya untuk melakukan pembukaan kembali trotoar di depan kantor Kedubes AS," kata Wiwik Wahyuni, Rabu (6/7).

Ia memastikan trotoar akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat dan bisa dilalui oleh pejalan kaki. Namun saat ini masih menunggu keputusan dari Kemenlu dan pihak Kedubes AS.

"Untuk rencana opening menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Kemenlu dan pihak Kedutaan, tapi diupayakan bisa secepatnya,” jelasnya.

Menurut informasi dari Koalisi Pejalan Kaki, penutupan akses fasilitas publik itu sudah dikeluhkan sejak zaman Joko Widodo menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta pada 2012.

Sejauh ini hanya trotoar di depan Kedubes AS yang diblokade. Sementara akses trotoar lain yang bersebelahan dengan Kedubes AS bisa diakses pejalan kaki.

Akibatnya pejalan kaki terpaksa menempuh badan jalan raya saat melintas di depan Kedubes AS. Dan itu berisiko, karena jalan raya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA