Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Satgas TPPU Bentukan Mahfud Tetapkan 16 Tersangka

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 07 Juni 2023, 22:35 WIB
Satgas TPPU Bentukan Mahfud Tetapkan 16 Tersangka
Menko Polhukan Mahfud MD/Net
Satgas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang diketuai Mahfud MD, tanpa banyak babibu terus bekerja mengusut skandal dugaan pencucian uang senilai Rp 349 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan

"Bagi yang masih nanya, apa isu dugaan pencucian uang Rp349 triliun itu ada tindak lanjutnya atau lenyap? Ada, takkan dibiarkan lenyap," tegas Mahfud seperti dikutip redaksi melalui Twitternya, Rabu (7/6).

Saat ini pun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menindaklanjuti 33 laporan dugaan pencucian uang dari Satgas TPPU.

Dari 33 laporan yang diterima, 12 di antaranya sudah diproses ke tahap penyidikan di mana terdapat 16 tersangka yang telah ditetapkan oleh KPK.

"Di KPK saja sudah 33 yang ditindaklanjuti dengan nilai lebih dari Rp25 triliun. Belum lagi di Kejagung, Polri, DJP, & DJBC. Satgas TPPU terus jalan," sambung Mahfud yang juga menjabat Menkopolhukam itu.

Puluhan dokumen yang diserahkan ke KPK itu merupakan bagian dari 300 berkas laporan hasil analisis (LHA) dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Satgas TPPU diisi oleh tim lintas kementerian/lembaga, seperti Polri, Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara, Kemenkeu, Kemenko Polhukam, hingga PPATK.
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA