Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Mulai Menggoda Iman Demokrat Tinggalkan Anies Baswedan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 09:28 WIB
PDIP Mulai Menggoda Iman Demokrat Tinggalkan Anies Baswedan
Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/RMOL
rmol news logo Munculnya nama Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai salah satu kandidat bakal cawapres Ganjar Pranowo jadi ujian bagi Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Iman politik Demokrat bisa goyah jika AHY gagal menjadi cawapres Anies Baswedan. Potensi tersebut dibaca oleh PDIP dengan terang-benderang menyebut AHY sebagai salah satu figur cawapres Ganjar," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (8/6).

Dari fenomena ini, Arifki menilai AHY memang memiliki daya tarik tersendiri bagi lawan politiknya.

Bukan tidak mungkin cara ini akan membuat goyah kubu Demokrat bila tidak benar-benar solid berada dalam Koalisi Perubahan bersama Nasdem dan PKS.

"Meskipun nama AHY tidak satu-satunya disebut PDIP, tentu Partai Demokrat merasa daya tawar politiknya tinggi dengan adanya koalisi lain yang tertarik dengan AHY," ucap Arifki.

Nama AHY disebut dalam Rakernas III PDIP sebagai salah satu kandidat bakal cawapres Ganjar.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menyebut AHY bersama sejumlah nama lain yang beredar di media massa, seperti Mahfud MD, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno.

"Kemudian ada Pak AHY, ya kan? Pak Airlangga, ya kan?” ungkap Puan saat jumpa pers di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA