Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usulan Johan Budi soal Kepala BNPT dan BNN Dijabat Jenderal Bintang 4 Direspon Polri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 22:33 WIB
Usulan Johan Budi soal Kepala BNPT dan BNN Dijabat Jenderal Bintang 4 Direspon Polri
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Rycko Amelza Dahniel dan Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Komjen Petrus Reinhard Golose/Repro
rmol news logo Salah satu anggota Komisi III DPR RI usulkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) agar menyandang pangkat bintang empat atau Jenderal. Terkait hal tersebut, Mabes Polri buka suara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan usulan itu akan ditindaklanjuti.

"Orang boleh memberikan masukan, siapapun memberikan masukan kepada polri. Masukan pasti akan didengar. Tapi tindak lanjut nanti akan kita sampaikan," kata Ramadhan di Lobi Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi mengusulkan agar Kepala BNPT dan Kepala BNN menyandang pangkat bintang empat atau setara Jenderal.

"Saya usul dalam struktur organisasi yang baru tadi nanti di dalam kesimpulan, kalau diperbolehkan dan ini saya akan menggunakan hak konstitusional saya agar kepala BNPT kepala BNN ini jangan bintang tiga Pak, tapi bintang empat," ujar Johan di rapat kerja bersama Kepala BNPT dan BNN di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6).

Adapun alasan, Johan itu ingin Kepala BNN dan BNPT memilki sifat independen dalam bekerja, jika masih bintang tiga tentu dikhawatirkan sulit bergerak karena masih berada di bawah Kapolri.

"Kalau dia bintang tiga dia masih di bawah Kapolri Seharusnya dia independen dan menjadi bintang empat apalagi badan ya, kepala badan ini kan harusnya setara menteri kalau enggak salah," kata Johan.

Dengan begitu, bila Kepala BNPT dan BNN disandang oleh jenderal bintang empat, maka koordinasi lintas sektor akan lebih mudah. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA