Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggal Iduladha Potensi Beda, Muhammadiyah Usul Libur 2 Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 09 Juni 2023, 13:40 WIB
Tanggal Iduladha Potensi Beda, Muhammadiyah Usul Libur 2 Hari
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti/Ist
rmol news logo Sebagaimana Lebaran Idulfitri kemarin, hari raya Iduladha 1444 Hijriah kemungkinan juga berbeda, antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

Berdasar Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, disebutkan Tanggal 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023 M.

Sehingga Iduladha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023 M. Keputusan ini berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Hasil perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini sangat potensial berbeda dengan Kementerian Agama karena tinggi hilal pada tanggal 29 Zulkaidah 1444 H kurang dari 3 derajat. Kemungkinan Sidang Isbat akan menetapkan Iduladha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 M.

Atas dasar hal tersebut, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan usulan terkait libur lebaran Idul Adha 1444 H.

"Mengusulkan agar pada Rabu, 28 Juni 2023 juga menjadi hari libur nasional," kata Mu'ti lewat keterangan resminya, Jumat (9/6).

Menurutnya hal ini penting untuk memastikan warga Muhammadiyah dapat melaksanakan salat Id dengan tenang dan khusyuk

"Pasalnya, beberapa tahun yang lalu banyak anggota Muhammadiyah yang telah menjadi PNS dan ASN di berbagai daerah harus berangkat ke kantor pada hari di mana warga Muhammadiyah lainnya sedang melaksanakan salat Id," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA