Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rajut Silaturahmi Kebangsaan, PP Muhammadiyah Sambangi Komisi Waligereja Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 09 Juni 2023, 23:25 WIB
Rajut Silaturahmi Kebangsaan, PP Muhammadiyah Sambangi Komisi Waligereja Indonesia
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Komisi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr Antonius Subianto Bunjamin/Ist
rmol news logo Merajut silaturahmi antar komponen bangsa dilakulan PP Muhammadiyah dengan menyambangi Komisi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Antonius Subianto Bunjamin di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Jalan Katedral Nomor 7, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).

Dalam silaturahmi ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menyampaikan, persaudaraan antara umat Islam dengan Katolik bukan hanya dicerminkan dari Gereja Katedral Jakarta yang berdampingan dengan Masjid Istiqlal.

Namun, lebih dari itu, setiap umat dapat hidup berdampingan demi kemajuan bangsa Indonesia.

"Muhammadiyah dan yang lainnya, tentu spirit, jiwa dan alam pikirannya sama yakni menghadirkan agama sebagai kanopi suci untuk memandu umat beragama dan publik luas, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujar Haedar.

Oleh karenanya, kata dia, di tengah keberagaman Indonesia, agama hadir sebagai energi rohani untuk menguatkan jiwa-jiwa bangsa.

Sekaligus juga menyatukan diri dalam perbedaan, dan terus terhubung dalam membawa nilai-nilai perdamaian di masyarakat.

"Dalam konteks ke Indonesia, kita tidak punya sejarah negara ini pisah dengan agama. Semua bersatu untuk berjuang menuju kemerdekaan dan memajukan," katanya.

Pandangan itu pun diapresiasi Mgr. Antonius Subianto yang juga Uskup Keuskupan Bandung.

Antonius bahkan mengapresiasi derap pendidikan Muhammadiyah yang menurutnya kian melejit. Pihaknya optimistis bahwa melalui peran-peran strategis yang dilakukan Muhammadiyah menjadikan marwah agama terjaga, serta kepercayaan umat terhadap agama tidak luntur.

Lebih-lebih menjelang Pemilu 2024, gagasan dan pemikiran segar dari Muhammadiyah dapat menetralisir sekaligus menyejukkan hajatan lima tahunan yang kerap memanas itu.

Kepada jemaat dan bangsa Indonesia secara luas, Antonius Subianto juga berpesan supaya dalam menjalani Pemilu gembira, pahami itu hanya pesta lima tahunan yang menggembirakan.

Selain itu, kunjungan ini juga disambut hangat Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignasius Kardinal Suharyo bahkan dia menyebut kunjungan yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah periode 2022-2027 ini sebagai sejarah yang menggembirakan.

Selain praktek inklusi yang diterapkan di berbagai institusi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), kata dia, Muhammadiyah juga berperan penting melalui pemikiran tokoh yang mencerahkan.

"Kami sangat menghargai pemikiran dan gagasan di lempar ke publik, ini suatu pencerahan yang luar biasa bagi semua," tutup Mgr. Ignatius Suharyo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA