Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPIH Pastikan Tidak Ada Jemaah Haji Terlantar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 02:18 WIB
PPIH Pastikan Tidak Ada Jemaah Haji Terlantar
Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado/Net
rmol news logo Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memastikan bahwa jemaah haji kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Makassar (UPG 14) tidak telantar.

Hal tersebut, disampaikan Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado menanggapi viralnya video yang menarasikan jemaah haji terlantar di depan hotel.

“Potongan video yang viral, adalah suasana saat proses pemindahan jemaah dari hotel asal ke hotel yang lebih strategis dan lebih dekat dengan Masjid Nabawi,” kata Dodo Murtado dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (9/6).

“Saat ini jemaah sudah berada di hotel dan tengah melaksanakan ibadah Arbain,” sambungnya.

Disampaikan Dodo, pemberangkatan jemaah haji sudah memasuki gelombang kedua. Jemaah haji diterbangkan dari embarkasi di Tanah Air ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 8 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jumlah total kedatangan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada masa gelombang 1 dan gelombang 2 sebanyak 106.000 orang atau 275 kelompok terbang.

“Jumlah jemaah dan petugas yang diberangkatkan hari ini dari Madinah ke Makkah sebanyak 6.243 orang atau 16 kloter,” kata Dodo.

Disampaikan Dodo, tercatat dua jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah, yaitu atas nama; Machmud Mokhtar Mukhsun asal kloter SOC 37, dan Ilham Masjinda Surya asal kloter JKG 26.

Sehingga, sampai dengan saat ini, jumlah jemaah haji yang wafat di Madinah sejumlah 23 orang.

Lanjutnya, terdapat satu jemaah haji yang meninggal dunia di Makkah yaitu atas nama Icah Binti H. Sukanta asal kloter JKS 03. Jumlah jemaah haji yang wafat di Makkah hingga saat ini sejumlah enam orang,” kata Dodo.

“Secara keseluruhan, jemaah yang wafat hingga sampai saat ini berjumlah 29 orang. Sesuai ketentuan, jemaah yang wafat akan dibadalhajikan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA