Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cawe-Cawe Joko Widodo Go International

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 18:29 WIB
Cawe-Cawe Joko Widodo <i>Go International</i>
Presiden Joko Widodo saat berpidato di Forum Ecosperity Week 2023 Singapura/Net
rmol news logo Pidato Presiden Joko Widodo dalam acara Ecosperity Week 2023 di Singapura beberapa waktu lalu menunjukkan keseriusan kepala negara cawe-cawe Pilpres 2024.

Menurut analis komunikasi politik Hendri Satrio, Presiden Joko Widodo terlihat memaksakan diri agar praktik cawe-cawenya dilihat dunia internasional.

“Ini seperti pentas lakon cawe-cawe kandidat capres di tingkat internasional," kata pria yang akrab disapa Hensat itu dalam keterangannya, Sabtu (10/6).  

Pandangan Hensat, Presiden Jokowi mungkin bermaksud ingin menarik perhatian dunia agar melirik pertarungan politik dalam negeri. Namun tindakan tersebut tidak tepat karena mengungkap persoalan domestik ke forum internasional.

Candaan Presiden Jokowi terkait gelaran Pilpres 2024 disampaikan saat berpidato di depan para pengusaha pada forum Ecosperity Week, Singapura, Rabu (7/6). Menggunakan bahasa Inggris, pidato Presiden Jokowi diskenario seolah salah tema.

"Saya senang bisa berada di sini dan di hari yang indah ini. Saya ingin mengambil kesempatan untuk bertanya kepada anda, siapa yang akan menang di pemilihan presiden tahun depan," kata Jokowi di awal pidatonya.

Sempat memancing gelak tawa hadirin, Presiden Jokowi lantas memotong dengan menyebut salah berpidato.

"Ah, wrong speech," ujar Jokowi yang dilanjutkan dengan permintaan maaf. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA