Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Anies: Negara Harus Hadir Menopang Kegiatan Budaya

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 09:12 WIB
Anies: Negara Harus Hadir Menopang Kegiatan Budaya
Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan, menemui budayawan Nasirun Purwokartun/Ist
Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan, menemui budayawan Nasirun Purwokartun atau akrab disapa Kang Nasirun di Dusun Kalibacin, Banyumas, Jawa Tengah, Senin Malam (2/10).

Bagi Anies, sosok Kang Nasirun sangat menginspirasi dengan karya-karyanya sebagai penulis.

“Beliau adalah penulis yang luar biasa produktif, beliau menerjemahkan naskah kuno, babad Banyumas ke dalam tulisan latin dan bahasa Indonesia berjumlah ribuan lembar,” ungkap Anies.

Kekaguman Anies tak berhenti sampai di situ, karena dia berkesempatan melihat berbagai koleksi literasi dan barang antik serta mainan dari masa kecilnya di Bale Pustaka milik Kang Nasirun.

Menurutnya, apa yang dikerjakan Kang Nasirun merupakan komitmen kerja budaya yang luar biasa dan tidak bisa hanya dilihat secara komersial.

“Ke depan negara harus hadir untuk menopang kegiatan budaya dan literasi," sambung Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.

Bakal capres yang diusung Partai Nasdem, PKS, dan PKB itu pun mengaku mendapat banyak inspirasi setelah bertemu dengan Kang Nasirun. Anies berkomitmen menjadikan kebudayaan menjadi salah satu agenda perubahan.

"Agar kegiatan kebudayaan dan literasi termasuk aktifitas yang negara turun tangan langsung dan aktif mendukung,” tandasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA