Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabar Duka, Rizal Ramli Wafat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 02 Januari 2024, 20:24 WIB
Kabar Duka, Rizal Ramli Wafat
Rizal Ramli/Net
rmol news logo Begawan ekonomi DR Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam (2/1) karena sakit yang dideritanya.

Rizal Ramli menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, sekitar pukul 19.30 WIB .

Kabar duka disampaikan keluarga Rizal dalam pesan di WhatsApp.

“Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” tulis pesan yang diterima redaksi.

Disebutkan dalam pesan itu pihak yang berduka adalah anak-anak: Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipo Satria Ramli, Daisy Orlana Ramli, lalu cucu: Anabel Asmara Ramli, Anakin Lazuardi Ramli, serta menantu: Fandra Febriand, Dina Arumsari, Daniel Kirschen.

Kabar duka ini juga disebarkan salah seorang sahabat Rizal Ramli, Teguh Santosa, yang menulis di akun X miliknya @teguhtimurcom. Dalam pesan singkat itu, Teguh mengatakan telah kehilangan seorang sahabat dan guru. Dia mengunggah foto dirinya bersama dengan Rizal Ramli.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954. Di usia dini, dia sudah menjadi yatim piatu dan kemudian dibawa neneknya ke Bogor, Jawa  Barat.

Dikenal sebagai aktivis sejak mahasiswa, Rizal sangat kritis terhadap kebijakan pemerintah yang dirasa tidak ditujukkan untuk kepentingan rakyat kecil. Di era Soeharto, ia pernah mendekam di penjara Sukamiskin, Bandung, setelah menulis buku putih gerakan anti kebodohan.

Di era pemerintahan Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli menempati sejumlah posisi penting sektor ekonomi, dari Kepala badan Urusan Logistik (Bulog), Menko Perekonomian, dan Menteria Keuangan.

Di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) itu dipercaya menjadi Komisaris Utama PT Semen Gresik.

Saat Joko Widodo menjadi Gubernur DKI Jakarta, Rizal Ramli merupakan salah satu tokoh yang dirujuknya untuk pembangunan Jakarta. Lalu di era pemerintahan Jokowi, Rizal Ramli sempat dipercaya menjadi Komisaris Utama PT BNI.

Setelah itu, Jokowi mempercayakan kursi Menko Maritim dan Sumber Daya kepadanya dari 2015 sampai 2016.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA